Minggu, 23 April 2017

Pengertian Tentang Amal Jariah Yang Pahalanya Terus mengalir

Pengertian Tentang Amal Jariah Yang Pahalanya Terus mengalir

Pengertian Tentang Amal Jariah Yang Pahalanya Terus mengalir

Ayo Bertasbih Blog's - Pengertian Tentang Amal Jariah Yang Pahalanya Terus mengalir. Amal jariah sendiri dalam bahasa arab berarti amal yang mengalir. Maksudnya, perbuatan baik yang akan terus mendatangkan pahala bagi pelakunya walaupun si pelaku sudah meninggal (berada di akhirat).

Ayo Bertasbih - Hal itu juga sudah dijelaskan dalam hadist dari Abu Hurairah, yang berbunyi :

Rasulullah SAW bersabda,"apabila anak Adam (manusia) meninggal dunia maka terputuslah semua (pahala) amal perbuatanya kecuali tiga macam perbuatan, yaitu sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang mendo'akanya" (HR. Muslim).

Untuk lebih jelasnya mengenai ke tiga perbuatan (amal) yang di jelaskan dalam hadist tersebut, berikut penjelasannya, silahkan simak di bawah ini.

1. Sedekah jariah

Sedekah jariah adalah sedekah yang juga dapat di katakan dengan sedekah yang di wakafkan. Sedekah jariah sebenarnya berbeda dengan sedekah pada umumnya, sedekah ini adalah sebuah sedekah yang di berikan dengan ikhlas untuk kepentingan orang banyak dan biasanya bermanfaat dalam jangka panjang. Contohnya, sobat mempunyai sebidang tanah, dan tanah tersebut sobat wakafkan untuk tempat didirikan sebuah masjid, maka sobat juga akan mendapatkan pahala dari orang yang beribadah di masjid tersebut dan pahala itu juga akan menglir terus tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang melakukan ibadah, bahkan walaupun sobat sudah wafat.

2. Ilmu yang bermanfaat

Ilmu yang bermanfaat yang di maksud di sini adalah ilmu yang di ajarkan atau di sebarkan ke pada orang lain, dan ilmu tersebut dapat bermanfaat untuk orang tersebut. Contoh mudahnya adalah, seorang guru mengajarkan cara sholat kepada murid-muridnya, apabila si murid terus mengamalkan ajaran dari gurunya itu (sholat), maka pahala akan terus mengalir kepada orang yang si guru selama murid yang di ajari tersebut terus melakukan (mengamalkan) ilmu yang gurunya ajarkan.

Admin bukanlah seorang guru apa lagi seorang yang sholeh, admin hanyalah seorang pendosa yang mencoba membagikan apa yang pantas dibagikan dan inshaa Allah bermanfaat. Dan moga jadi amal jariah untuk admin. Amiiiiiin Ya Allah ...

3. Anak sholeh yang mendo'akan orangtuanya

Anak sholeh sebenarnya adalah bukan hanya dalam artian anak baik, tapi juga selalu taat dalam beribadah ke pada Allah SWT (rajin beribadah, khususnya ibadah wajib). Tapi saya kurang tahu apakah yang di maksud di sini memang hanya do'a dari anak sholeh saja, alias do'a anak yang tidak sholeh (tidak rajin beribadah khususnya ibadah wajib atau malah sangat jarang melakukan ibadah wajib) tidak termasuk, saya tidak tahu, jadi silahkan tanya pada ahlinya.

Demikianlah sekilas ulasan mengenai Pengertian Tentang Amal Jariah Yang Pahalanya Terus mengalir. Moga bermanfaat untuk pembaca semua, khususnya untuk admin sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar