Rabu, 19 April 2017

Keistimewaan Bacaan Tasbih Yang Tak Terduga

Keistimewaan Bacaan Tasbih Yang Tak Terduga

keistimrwaan-bacaan-tasbih

Ayo Bertasbih Blog's - Keistimewaan Bacaan Tasbih Yang Tak Terduga Yang Perlu Kita Ketahui - Doa dan pujian yang biasa digunakan oleh umat muslim adalah bacaan tasbih. Tasbih adalah bacaan singkat dan sederhana namun bermakna luas. Secara harfiah berarti pujian dan secara makna yaitu dengan mengucapkan kata Subhanallah (سبحان الله) yang berarti Maha Suci Allah.

Ayo Bertasbih - Berikut adalah bacaan tasbih yang paling dianjurkan;

Subhaanallah walhamdulillah walaa ilaaha illallahu wallahu akbar.

Artinya : "Maha Suci Allah dan segala pujian bagi Allah, tiada Tuhan melainkan Allah, Allah Maha Besar.

Tasbih adalah salah satu bacaan dzikir kepada Allah SWT. yang ringan untuk dilakukan tapi berat dalam timbangannya. Selain tasbih ada juga takbir, tahmid, dan tahlil. Keempat dzikir ini adalah yang paling sering kita baca, terutama setelah sholat.

Tasbih berarti mensucikan Allah SWT. dari sifat-sifat makhluk-Nya. Sementara tahmid yaitu memuji Allah SWT, Tuhan semesta alam. Dan takbir adalah mengagungkan kebesaran Allah SWT.

Allah SWT. berfirman dalam al-Quran:”Hai orang-orang yang beriman! berzikirlah (mengingat) kepada Allah dengan zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang.” (al-Ahzaab: 41-42).

Rasulullah SAW bersabda, “Maukah aku sampaikan kepada kalian amalan yang dapat melampaui derajat orang kaya dan tidak ada yang mengalahkan derajat kalian sehingga menjadi yang terbaik di antara kalian dan mereka, kecuali mengerjakan amalan berikut, yaitu, kalian baca tasbih, tahmid, takbir setiap selesai shalat sebanyak 33 kali…”(HR Bukhori)

Dalam hadist riwayat lain disebutkan, bahwa keempat kalimat tersebut merupakan salah satu macam cara untuk bersedekah sebagaimana aduan orang-orang miskin tentang orang kaya yang bisa mendermakan hartanya. Sabda Nabi SAW: “Setiap kalimat tasbih adalah sedekah, takbir adalah sedekah, tahmid adalah sedekah dan tahlil adalah sedekah.” (HR Muslim)

Dan Nabi SAW. juga bersabda, “Ucapan yang paling Allah SWT. sukai itu adalah empat : Subhanallah, al-Hamdulillah, Laa Ilaaha Illa Allah, Allahu Akbar. Tidak ada bahaya darimanapun kamu mulai.” (HR. Muslim)

Dari kutipan sebagian kecil hadist ini dapat kita ambil hikmah. Betapa banyak sekali keutamaan dan keistimewaan berzikir membaca tasbih, tahmid, tahlil dan takbir. Dengan cara banyak berzikir, akan timbul rasa takut kepada Allah dan buahnya kita bisa menjalankan semua perintah dan larangan Allah. Maka, seyogyanya kita senantiasa mendawamkan amalan dari Rasulullah ini dan kita berharap, dapat mencapai keberkahan hidup dan senantiasa menjadi hamba yang tidak merugi.

Baca juga:
Kenapa Bertasbih Sangat Dianjurkan

Itulah ulasan mengenai Keistimewaan Bacaan Tasbih Yang Tak Terduga. Moga bermanfaat dan kita menjadi hamba Allah yang lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar